Susahnya Jadi Orang Dayak


SUSAHNYA JADI ORANG DAYAK

Hi sobat Dayak Community, kali ini saya mau share tentang pengalaman saat orang tahu saya adalah orang dayak. FYI – For Your Information, orang yang pertama kali kenal dengan saya sering tidak menyangka kalau saya adalah dayak asli (Ngaju gitu lhooo), keseringan dianggap orang manado, kalau ga blesteran (pleseteran mungkin), kadang china, tapi ada juga yang nyangka orang batak and that’s something new!!.

FYI lagi, saya bekerja di industry oil and gas tepatnya di bidang “services”, sehingga saya sering ke lokasi baik itu di offshore maupun onshore, indeed disana saya akan bertemu banyak orang dari berbagai macam suku dan Negara – jarang bangat bisa ketemua sesama dayak. Nah, masalahnya ialah; image dayak lekat dengan dunia mistik, saya sering dianggap punya kekuatan mistis dan pegangan-pegangan zimat hehe.

Ada satu pengalaman menarik, ketika aku lagi ngejob di sebuah barge, saat itu driller dan crew barge mengira aku orang manado tapi ketika aku bilang kalau aku orang dayak, saya mulai ditanyai apa punya ilmu pellet??, ilmu meyembuhkan orang??. Bahkan saat itu si-driller ini (orang jawa) mengaku punya kemampuan untuk melihat makhluk halus, dia berkata bahwa ada sosok yang berambut panjang yang menjagai saya, dia adalah roh kakek saya – katanya hmmmmm?? Hehe lucunya saya bilang; kalau kakek dari ibu saya sampai sekarang masih hidup dan beliau tidak berambut panjang, malahan sekarang sudah botak hehe, kalau dari bapak juga tidak berambut panjang. Si driller ini tetap ngotot “ ahh, itu pasti orang tua kakek mu” .. lagi-lagi kayaknya didalam history keluarga tidak ada kakek atau datuk (orang tua kake/nenek) yang berambut panjang – saya masih sempat bertemu datuk atau kakek ibu saya ketika kecil dan juga tidak berambut panjang.. tapi si driller ini “keukeuh” kalau saya punya pegangan sosok orang tua – which is keluarga saya yang berambut panjang katanya hehe.. jadi bagaimanapun saya jelaskan saya dipaksa harus menerima kalau sosok ini benar-benar ada di dalam linkup keluarga saya.. okelah saya iyakan saja supaya beliau senang..

Di Rig

Di Rig

Aku pikir sampai disitu saja, saat itu driller ini juga sedang sakit., lalu dia bertanya lagi – apa saya bisa baca-baca sesuatu untuk menyembuhkan dia atau mengurut-ngurut.. wkkwkw #tepok jidat.. lagi-lagi saya harus menjelaskan kalau saya tidak punya ilmu atau bacaan-bacaan mantra.. Aku jawab aku mungkin cuman bisa baca doa buat kamu, bukan baca-baca mantra.. #aku bayangkan kalau saja aku beracting punya ilmu begitu, siapa tahu akan menghasilkan effect placebo hehe jadilah cap ku ini dukun nantinya wkwkw…

Itu baru cerita di lapangan, balik ke bekasi tempat aku ngekos – selama setahun aku meninggalkan kosan ku di bekasi karena harus bertugas di Balikpapan. Nah dahulu ada teman kosan yang tinggal tepat didepan kamar kos ku. Pacar teman kos ku ini juga seperti driller diatas mengaku bisa melihat makhluk astral – katanya??, lalu dia bercerita sama teman kos ku ini kalau di kamarku ada 3 makhluk dan itu “peliharaan”.. What???? Haha sejak kapan aku pelihara tiga makhluk!!!, kalau cuman karena setahun aku tinggalin kosan mungkin yah wajar lah.. tapi ini “peliharaan”… hati ini tertusuk rasanya wkwkwk..

Suka ga suka, saat orang tahu anda orang dayak anda akan diasosiasikan dengan dunia mistik, apa lagi kadang aku suka menggunakan kalung dayak dan membawa “butah” atau “ajat” semakin menciptakan effect seramnya. Baru-baru ini ada acara gathering di kantor dan dresscodenya traditional costume, nah saya mencoba baju trasional rompi dari kulit kayu, “ewah” – semacam cawat, lawung- ikat kepala dan bulu burung tingang – enggang. Untuk menambah keasliannya saya membuat tattoo temporary motif dayak, singkat kisah foto ini end up di facebook – of course narsis time. Somehow ada seseorang kenalan di FB yang berkata “Aku ga mau dekat-dekat kamu! Aku takut.. takut diapa-apain”.. gee?? Am I that spooky goofy? Dikira saya punya kemampuan menyantet dan mengguna-gunai orang.. haha inilah susahnya jadi orang dayak..

Busana Dayak

Busana Dayak

But guys here I am untuk coba menjelaskan sedikit sterotype tentang orang-orang dayak.. tapi satu yang patut dibanggain.. semua orang mengakui kalau orang dayak itu cantik-cantik dan ganteng-ganteng .. #sambli pasang pose duck face.. haha

Tabe
2/September/2013

