LEGENDA SANAMAN MANTIKEI


LEGENDA SANAMAN MANTIKEI

Dipercaya oleh masyarkat Kalimantan Tengah bahwa di tepi sungai Kahayan dahulu hidup seorang bernama Dandan Kahayan dan istrinya. Pada saat sang istri mengandung anak kedua, seperti juga pada kehamilan pertama, sang istri mengidam babi hutan. Untuk memenuhi permintaan istrinya Dandan Kahayan pergi ke hutan untuk berburu diikuti anjing-anjingnya. Ketika di sampai di tepi lading, anjing-anjingnya mendahuluinya. Tiba-tiba matanya bertatapan dengan “Katungau Rajan Bawui”, yaitu seekor babi hutan yang berukuran besar, yang terbirit-birit lari karena dikejar anjing buruannya.

Ilustrasi Dandan Kahayan dan anjingnya ketika berburu Katungau Rajan Bawui

Ilustrasi Dandan Kahayan dan anjingnya ketika berburu Katungau Rajan Bawui

Ketika melihatnya, Dandan Kahayan melemparkan tombaknya kea rah babi itu. Babi itu ternyata tidak mati tetapi berlari dengan darah mengucur dari lukanya. Babi yang terluka itu berlari selama satu hari satu malam tanpa istirahat menuju hulu Sungai Kahayan, Malahui, Mambaruh, Saruyan, Katingan, dan akhirnya ke hulu Sungai Samba. Katungau Rajan Bawui akhirnya mati di Kereng Air Bae Lampung, dipersimpangan Sungai Mantikei. Tetesan darah babi itu berubah menjadi besi. Bangkai babi yang membusuk berubah menjadi besi yang mengandung racun mematikan. Segala jenis serangga yang berada di daerah tempat babi itu membusuk menjadi serangga yang mematikan.

Ilustrasi Katungau Rajan Bawui

Ilustrasi Katungau Rajan Bawui

Karena beracunnya besi itu, tidak setiap orang berani menyimpannya. Hanya seorang bernama Sempong Amai Bungai, yang karena dibantu makhluk gaib bernama Nyaring dan Kalue, berani menyimpan dan memilikinya. Dia membuat besi itu menjadi mata sumpit. Untuk bisa menyimpan besi itu dia harus kehilangan tujuh orang suruhannya yang disengat lebah dalam perjalanan menuju Bae Lampung, tempat besi itu berada.

Selain menjelma menjadi besi beracun, cucuran darah itu juga menjelma menjadi besi yang lentur, bisa dibentuk sehingga bisa dibuat Mandau. Besi jenis inilah yang disebut Sanaman Mantikei.

Sanaman Mantikei Yang Dibengkokan

Sanaman Mantikei Yang Dibengkokan

Cerita tentang senjata khas dayak dan sanaman Mantikei bisa dilihat di tulisan dibawah:
https://folksofdayak.wordpress.com/2013/09/04/senjata-khas-dayak-part-1/

Tabe
Bekasi 16/Sep/2013

Iklan