BEBERAPA NAMA DEWA DALAM KEPERCAYAAN DAYAK NGAJU


BEBERAPA NAMA DEWA DALAM KEPERCAYAAN DAYAK NGAJU

Ada beberapa dewa atau Roh yang memiliki tugas khusus dalam kepercayaan Dayak Ngaju, Roh ini dapat disebut dewa atau juga illah atau semacam Malaikat, diantaranya:

RAJA TUNTUNG MATAN ANDAU

RAJA TUNTUNG MATAN ANDAU

RAJA TUNTUNG MATAN ANDAU

RAJA TUNTUNG MATAN ANDAU adalah penguasa matahari. Ia seorang Dewa yang mengatur suhu panas dan suhu dingin. Ia juga mengatur terang dan gelap. Masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah yang percaya memujanya. Tanpa RAJA TUNTUNG MATAN ANDAU dunia menjadi gelap, suhu menjadi tidak normal dan bumi tidak ada kehidupan

 

MANYAMEI ASUN BULAN

MANYAMEI ASUN BULAN

MANYAMEI ASUN BULAN

 

MANYAMEI ASUN BULAN adalah penguasa bulan. Ia adalah seorang Dewa yang memberi penerangan dan mengatur pencahayaan pada malam hari. Dunia yang gelap menjadi terang sehingga makhluk hidup termasuk manusia dapat beraktifitas.

Selain menerangi pada malam hari, MANYAMEI ASUN BULAN memberi pengawalan atau menjaga manusia, khususnya ketika manusia tidur supaya tidak diganggu roh jahat (NYARING PANYALAYA). Dewa ini juga mengatur waktu manusia beraktifitas seperti; membangun rumah, menikah, menyelenggarakan ritual, dan lain-lain. Untuk melaksanakan berbagai aktifitas tersebut, manusia memperhatikan bulan yang mulai muncul atau menghilang.

 

MANYAMEI RAJAN PATENDU

MANYAMEI RAJAN PATENDU

MANYAMEI RAJAN PATENDU

MANYAMEI RAJAN PATENDU adalah Dewa pengatur waktu bagi manusia, terutama saat bercocok tanam atau berladang. Misalnya posisi bintang kembar tiga (PATENDU) jika bercocok tanam atau berladang supaya hasilnya baik.

 

Sumber: Museum Balanga KalTeng

 

Tabe,

Bekasi 6/Januari/2014

Iklan