BAHUTAI – SILUMAN ANJING DAYAK


BAHUTAI – SILUMAN ANJING DAYAK

Didalam kepercayaan Dayak Ngaju dikenal suatu roh yang berbentuk anjing disebut BAHUTAI. Konon BAHUTAI ini dapat dipelihara oleh seseorang dengan syarat bahwa ia harus merawat dan memberi makan kepada Anjing ini. Apabila sang pemiliki memiliki rasa amarah atau dendam dengan orang lain maka ia dapat mengirimkan BAHUTAI peliharaannya untuk menyerang orang tersebut dan keluarganya.

Salah satu cerita temanku, ada salah satu keluarganya yang diserang oleh BAHUTAI, yang dikirimkan oleh seseorang yang iri kepada keluarganya ini. Konon sang pengirim akan menggosokan MINYAK BAHUTAI di rumah orang yang mau diserang itu, sehingga setiap kali ia memasuki rumahnya ia merasa sangat sakit. Dan ketika dilihat dengan mata ghaib rumah tersebut dalam keadaan yang rusak parah oleh serangan BAHUTAI.

Konon BAHUTAI ini tinggalnya di Bulan, dan ada empat jenis BAHUTAI:

1. BAHUTAI BERWARNA PUTIH

BAHUTAI BERWARAN PUTIH

BAHUTAI BERWARAN PUTIH

2. BAHUTAI GABUK

Bahutai Gabuk

Bahutai Gabuk

3. BAHUTAI BERWARNA HITAM

BAHUTAI BERWARNA HITAM

BAHUTAI BERWARNA HITAM

4. BAHUTAI BELANG

BAHUTAI BELANG

BAHUTAI BELANG

Dari keempat BAHUTAI ini, BAHUTAI BELANG lah yang paling ganas dan dapat disuruh untuk membunuh seseorang. Dan jika sang pemilik lalai memberi makan kepada BAHUTAInya maka, BAHUTAI ini dapat menyerang balik sang pemilik dan keluarganya.

Masing-masing BAHUTAI memiliki nama, dengan mengetahui namanya seseorang dapat memanggil BAHUTAI ini. Untuk alasan tertentu penulis tidak menampilkan nama BAHUTAI ini.

Tabe

Bekasi 7/Januari/2013

Iklan