BUAH-BUAHAN UNIK KHAS KALIMANTAN – Part 1


Kali ini akan saya sajikan buah-buahan unik khas Kalimantan yang mungkin tidak ditemukan didaerah lain.

1. Buah Masisin

Buah Masisin

Buah Masisin

Buah masisin atau juga kadang disebut karamunting berdiri dalah semacam berry khas dayak, sangat banyak ditemukan di hutan dan padang. Anak-anak dayak umum mengambil buah ini, rasanya manis kalau sudah “MARIPU” atau sudah agak ungu kehitaman.

Menurut informasi terbaru dari teman ketika bertemu UPTD Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian.  tanaman jenis ini bernilai tinggi. Di Daerah jawa-Jakarta sudah di olah menjadi bahan selai dan obat. Hebatnya, kata mereka tanaman banyak tumbuh di Kalimantan dan justru sering di sebut tanaman liar. Harga bibit anakannya saja 70 ribu/batang dan itupun di jual terbatas. Konono ini dapat digunakan untuk menjadi obat diare dan diabetes.

Secara farmakologi, Karamunting mempunyai 3 manfaat:
1. Hemostasia
Buah Karamunting menunjukkan efek hemostatik dalam saluran pencernaan bagian atas dan melawan Metrorrhagia penyebab pendarahan pada wanita. Akar Karamunting juga bisa meningkatkan jumlah trombosit, meningkatkan tingkat fibrinogen, dan otot kontrak pembuluh darah halus.

2. Efek adaptif
Buah Karamunting meningkatkan tingkat hemoglobin dan jumlah sel darah merah. Hal ini juga meningkatkan antianoxic, rasa dingin dan kemampuan melawan kelelahan organisme.

3. Anti-bakteri
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah Karamunting dan ekstrak akar menghambat Staphylococcus aureus penyebab nanah. Karamunting juga menghambat E. coli dan Staphylococcus aureus.

Karamunting sendiri sudah diteliti secara luas, diantaranya oleh Universitas Pertanian China Selatan di RRC, Universitas Groningen di Belanda, Universitas Prince Songkla di Thailand, Institut Teknologi Bandung di Bandung dan Universitas Andalas di Padang -dua universitas terakhir berasal dari Indonesia. (Sumber: Palankaraya.net)

2. Buah Tangkuhis

Tangkuhis (Mata Kucing)

Tangkuhis (Mata Kucing)

Buah sejenis Lechy / Lengkeng Dayak yang biasa disebut juga buah mata kucing, rasanya manis

3. Buah Keramu

Buah Karamu

Buah Keramu

Buah Keramu (Bahasa Dayak Ngaju) atau buah Dabai dalam bahasa Iban, dalam bahasa Kutai disebut buah rukam, dalam bahsa Lun Dayeh disebut buah fasan . Cara memakan buah ini sangat unik yaitu harus direndam air panas dahulu atau ditaruh diatas wajan dengan api kecil biar lunak. Kadang anak anak kecil mengulumnya dalam mulut selama 5-10 menit sampai lunak kemudian baru dimakan. Rasanya cheesy asam manis, kadang dicocol dengan madu atau gula. Biji buah keramu kalau dibelah dan dijemur menimbulkan wewangian yang agak mistis

4. Buah Tanggaring

Buah Tanggaring

Buah Tanggaring

Dalam bahasa Kenyahnya disebut Buah Abung, Dayak Tunjung menyebutnya hugaaq, kalau dalam bahasa bentiant Semayap, kalau bahasa Kutainya disebut Meretem kadang Ronggitom. Ini adalah sejenis rambutan hutan, dimana rasanya sedikit kecut manis.

5. Buah Alim

Buah Alim

Buah Alim

381615_264641446925598_1825753484_n 384101_264641596925583_266527181_n 387733_264641510258925_632712729_n

Dalam bahasa Kenyahnya disebut buah alim, kalau dayak ngaju nya disebut buah Hampangin, kalau bahasa Bakumpainya Asam Tungku rasanya ada yang manis ada juga yang asam sejenis mangga. Buah ini bisa di simpan dirumah selama berbulan bulan dan dapat digunakan untuk membuat sambal mentah ala kampung.

6. Buah Cemot

Buah Cemot

Buah Cemot

Buah ini rasanya manis asam, sangat banyak ditemukan di semak belukar di Kalimantan. Anak-anak kecil gemar memakan buah ini.

7. Buah Karamunting

Buah Karamunting

Buah Karamunting

Buah ini jika masak akan terbuka dan berwaran hitam keunguan. Jika dimakan akan menyebabkan lidah berwarna ungu. Rasanya cukup manis.

Masih banyak, buah-bauhan dayak yang unik lainnya yang belum sempat didokumentasikan. Tunggu part selanjutnya.. Tabe…

Jakarta

8/Jan/2013

Iklan