Tempat Wisata di Palangkaraya & sekitarnya – Part 2


Di part -1 kita diajak untuk mengetahui beberap tempat wisata di Kota Palangkaraya dan sekitarnya, di part-2 ini akan saya ajak kembali bertualang di tempat yang memang bisa dijadikan suatu objek wisata.

5. Kalawa Water Park

Water park ini adalah wahana hiburan yang baru dibangun, tiket masuknya terbilang masih terjangkau Rp. 35.000,- per orang, wahana yang ditawarkan pun cukup menarik. Ornamen-ornamen waterpark ini juga dihiasi ornamen Dayak, jadi tidak salah kalau anda berkunjung ke Palangkaraya jangan lewatkan untuk mencoba bermain di Kalawa Water Park ini

Kalawa Water Park

Kalawa Water Park

6. Sandung Ngabe Sukah

Sebenarnya ini lebih menjadi seperti monumen saja, ditengah-tengah areal pasar yang bau dan banyak sampahnya. Awalnya daerah Pahandut merupakan pemukiman awal orang Dayak sebelum menjadi kota Palangkaraya, namun sekarang sudah banyak ditempati oleh para pedagang dan pendatang. Ngabe Sukah ini adalah Kepala Desa yang pertama, dibawah Kademangan Sawang, sekitar tahun 1928. Sandung ini juga cukup mendapat perhatian ketika acara misteri Tukul jalan-jalan mengunjungi tempat ini. Dibawah sandung terdapat sebuah meriam peninggalan Ngabe Sukah. Masih perlu perhatian dari pemerintah untuk menjadikan kawasan Sandung ini lebih bersih dan terawat.

Sandung Ngabe Sukah

Sandung Ngabe Sukah

Didekat Sandung ini, jika anda tertarik mencari oleh-oleh khas Kalimantan baik berupa baju, manik-manik, makanan dsb. Anda bisa pergi ke Jalan Batam. Disepanjang jalan ini banyak toko yang menjual souvenir khas Kalimantan. Tentunya anda harus bisa menawar untuk bisa mendapatkan harga yang murah.

Jalan Batam

Jalan Batam

7. Anak Sungai ke arah Lawang Uru

Kalau anda melihat sungai Kahayan yang berwarna coklat dan tidak bersih, itu memang karena aktifitas penambangan disepanjang sungai Kahayan. Tidak seperti dahulu sungai ini masih jernih. Kebanyakan Sungai di Kalimantan Tengah jika jernih ia akan berwarna merah seperti teh, itu akibat tanah gambut dan akar-akaran pohon. Air ini sebenarny jernih dan sehat. Ini ada beberap alternatif anak sungai yang masih jernih dan indah yang jaraknya tidak begitu jauh dari kota Palangkaraya.

IMG_4366 IMG_4368

IMG_4369

8. Fantacy Beach

Sekitar 20 km dari kota Palangkaraya, ini adalah sebenarnya danau-danau yang timbul akibat penambangan pasir putih. Suasananya cukup tenang dan indah untuk bersantai atau merasakan sensasi berenang di Black Water nya kalimantan. Tempat ini sebenarnya bisa dikembangkan dengan beberapa wahana semisal banana boat atau yang lainnya. Tapi untuk sekedar tempat bersantai dan menikmati ketenangan tempat ini bisa menjadi pilihan..

IMG_4024 IMG_4015

Warna air yang merah

Warna air yang merah

IMG_4038 IMG_4049

9. Batu Banama

Batu Banama terletak di kaki Bukit Tangkiling. Banama dalam bahasa Dayak adalah sebuah kapal yang besar, Konon cerita Batu Banama ini bermula dari seorang pemuda Dayak yang kemudian diangkat anak oleh sudagar Cina dan dibawa ke negeri Cina, disana ia diberi nama Tan Qyu Liang, Tan adalah Se atau marganya. Tan Qyu Liang ini sebelum dibawa kenegeri Cina, memiliki ibu kandung yang sangat cantik jelita, tetapi nakal, suatu ketika ia berbuat suatu yang membuat ibunya marah dan kemudian memukul kepala anaknya dengan suduk sehingga terluka. Singkat cerita, Si Tan Qyu Liang kembali ke kampung asalnya untuk berdagang. Disana ia bertemu ibunya yang masih cantik jelita, si Tan Qyu Liang sudah lupa akan ibu dan asal-usulnya dari kampung ini. Singkat kisah si Tan Qyu Liang meminang wanita yang adalah ibunya dan mereka menikah, karena terjadi pernikahan sumbang maka Ranying marah dan mengutuk mereka menjadi batu dan kapal yang digunakan Tan Qyu Liang yang disebut batu banam sebab kapal itu juga menjadi batu.

Disekitar batu banama ini terdapat “keramat” atau tempat untuk menaruh sesaji, sebab batu ini dianggap tempat sakral oleh orang Dayak. namun pemandangan alam disekitar bukit Tangkiling ini sangat indah, anda bisa meluangkan waktu untuk sekedar tracking down the hill.

Batu Banama

Batu Banama

10. Bukit Karmel

Ini merupakan wisata rohani buat yang beragama Kristen/Katolik. Bukit karmel adalah tempat pertapaan ordo karmel, Bukit Karmel didirkan di bukit Tangkiling, selain anda bisa menikmati alamnya anda bisa mendekatkan diri kepada Tuhan dalam doa dan perenungan.

Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling

Bersama teman di Bukit Karmel

Bersama teman di Bukit Karmel

Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang belum sempat penulis datangi, misalnya Arboretum Nyaru Menteng tempat penangkaran Gibbon, dan ada juga arena outbond “Anak Himba”, Danau Tahai, Susur Sungai, Pulau Orang Utan dsb.. kalau penulis pulang lagi akan disempatkan untuk mendokumentasi tempat wisata di kota Palangkaraya dan sekitarannya.

Tabe,

Bekasi 10/jan/2014

Iklan