MINYAK BINTANG


MINYAK BINTANG

Minyak Bintang adalah minyak mistik yang sangat terkenal dari Kalimantan. Konon minyak ini dapat digunakan untuk menyembuhkan tulang yang patah bahkan yang sudah remuk sekalipun, atau orang yang sudah sekarat akibat pembunuhan tetapi konon ketika memang waktunya harus meninggal biasanya susah. Beberapa juga mengatakan jika minyak ini diminum maka yang meminum akan menjadi sejenis “kuyang”. Caranya dengan digosok atau ditelan dengan diuntal pada kapas kepada orang yang mengalami kecelakaan atau luka yang sudah parah atau sekarat hampir mati, setelah digosok minyak ini maka yang bersangkutan lukanya jadi kering dan sembuh seketika sehingga tidak jadi mati. Konon minyak ini akan bekerja dimalam hari saat bintang muncul di langit.

Sampai sekarang penulis belum mengetahui dari apakah minyak bintang ini dibuat, ada yang berkata dari air liur HANTUEN – sejenis makhluk jejadian di Kalimantan, entah benar atau tidak. Minyak bintang memiliki bau amis yang busuk, konon jangan pernah menyentuh langsung minyak bintang atau tidak sengaja termakan dan jangan juga menyimpang minyak bintang ini didalam rumah sebab memiliki pengaruh yang tidak baik bagi penghuni rumah. Tetapi minyak ini dapat digunakan sebagai pengobatan, salah satu kesaksian anggota Folks Of Dayak dimana pamannya mengalami di jalan Samarinda-Balikpapan terlindas truk tanki. Sore hari pamannya menelan minyak bintang yang diuntal pada kapas kemudian pada malam hari minyak itu bekerja dan terdengar suara kertakan tulang yang menyatu, sampai-sampai yang menjaga ngilu mendenger suara tulang yang menyatu itu, pamannya sampai berteriak-teriak menahan rasa sakit tetapi setelah itu memang dia sembuh dan tulangnya menyatu.

Kesaksian lain adalah kawan penulis di lokasi rig yang mengalami kecelakaan, dimana rusuknya terhantam oleh power tong. Mirip dengan kesaksian diatas setelah meminum minyak bintang ini terdengar suara kertakan tulang yang menyatu dan memang setelah itu dia sembuh. Ada beberapa pantangan bagi orang yang sudah meminum minyak bintang ini, kali ini penulis tidak memasukan pantangan itu, sebab tidak diketahui pengaruh jika pantangan itu dilanggar.

Minyak Bintang - courtesy Dayak Maanyan

Minyak Bintang – courtesy Dayak Maanyan

 

Tabe

17/Feb/2014

Iklan