PULIH – ILMU RACUN DAYAK


PULIH – ILMU RACUN DAYAK

Ilustrasi

Ilustrasi

Salah satu ilmu Dayak yang menakutkan buat penulis adalah ilmu racun atau dalam istilah Dayak Ngajunya PULIH, Dayak Ma’anyan PUDIS, Dayak Benuaq RASUTN. PULIH ini berbeda dengan racun yang diramu untul digunakan di anak sumpit atau di Mandau, PULIH adalah semacam ilmu magis dimana racun disini memiliki semacam roh dan mampu membunuh orang lain secara misterius. Ilmu ini termasuk classified / rahasia, sehingga apa yang akan dibahas disini hanyalah yang bersifat umum saja.

Ilmu PULIH ini diamalkan oleh orang-orang tertentun dengan tujuan pesugihan dan memang setidaknya setahun sekali ilmu ini menuntut korban manusia, sebab jika tidak ilmu ini akan menyerang balik sang pemilik atau keluarganya, ada juga yang mengamalkan ilmu ini untuk membalas dendam atau karena iri hati terhadap orang lain. Efek ilmu pulih ini ada yang seketika ada juga yang berbulan-bulan dimana orang yang terkena pulih ini tidak menyadari kalau ia sudah diracuni. Namun bila ia meninggal maka akan ditemukan lambung dan ususnya sudah membusuk, ada juga bahkan yang bisa membuat daging orang yang terkena ini membusuk.

Cara pemasangan PULIH ini terhadap korban berbagai macam caranya; ada yang dipasangkan pada makanan dan minumuan ada pula yang dipasang di tempat duduk, pakaian, tempat tidur atau puntung rokok. Salah satu pengalaman tante penulis ketika sedang melakukan pelayanan ke daerah Kutai Barat, sesaat ia hendak menyantap makanannya, ia menyempatkan untuk berdoa sebelum makan tiba-tiba piring yang ia gunakan meledak pecah, ternyata ada yang mencoba meracuni tanteku ini. Memang ada cara untuk mengetahui apakah makanan kita mengandung PULIH atau tidak dan ada cara untuk membuktikannya namun tidak penulis sebutkan disini. Dan anehnya dari beberapa makanan yang tersedia tidak semua akan ada PULIH-nya bahkan racun ini bisa berpindah-pindah di sekitar makanan yang disajikan.

Jenis PULIH ini ada lima:

1. PULIH asal, yaitu racun yang memang berasal dari dalam tubuh, yaitu menggunakan mantera-mantera dengan menyebut nama-nama racun yang ada didalam tubuh ketika sang korban sedang makan, sehingga apa yang ia makan akan membangkitkan racun-racun yang memang berasal dari dalam tubuh. Reaksi yang ditimbulkan yaitu munculnya gejala-gejala keracunan dan diikuti muntah darah, jika tidak segera mendapat pertolongan maka sang korban akan segera meninggal dunia.

2. PULIH yang dimasak ini biasanya jenis PULIH yang digunakan juga untuk pesugihan juga. Cara memasang pulih ini bisa dipasang pada makanan atau minuman atau tempat-tempat yang akan disentuh oleh korban. Racun ini harus menuntut korban, sebab jika PULIH ini jarang dipakai ia akan memcari korban sendiri tanpa pilih-pilih, kadang racun ini dapat berubah bentuk menjadi buah-buahan seperti pisang, pepaya atau nenas yang masak dan kemudian ia menghilang. Orang yang terkena racun ini bisa hidup berbulan-bulan namun ketika korbannya meninggal maka akan ditemukan organ dalamnya telah membusuk. Kadang orang yang terkena racun ini tidak menunjukan gejala apapun tapi ada juga yang menunjukan gejala-gejala seperti mengelurkan dara dari pori-pori tubu atau dari gusi.

3. PULIH yang berdiri sendiri. Jenis PULIH ini merupakan jenis yang paling mematikan sebab jarang bisa ditolong karena hampir tidak ada penawarnya. Jenis racun ini jika sudah didapat harus segera dipakai kalau ada tersisa ia harus segera dibuang ketempat yang aman. Orang yang terkena racun ini akan segera meninggal dunia. Gejalanya biasanya orang yang terkena akan merasakan gatal-gatal, namun ketika korban menggaruk-garuk bagian yang gatal, tangan yang dipakai untuk menggaruk itu akan menyebarkan racun keseluruh tubuh

4. PULIH dari binatang, pemasangannya biasanya pada kotoran sasaran. Gejalannya sang korban akan merasakan sakit perut, dan jika tidak mendapat pertolongan maka si korban akan segera meninggal.

5. PULIH berantai, yaitu jika satu orang kena makan seisi rumahnya juga akan kena. Penyebaran pulih jenis ini melalui nafas orang yang sudah terkena pulih ketika berbicara, jadi keluarga yang menghirup nafasnya otomatis akan terkena juga. Reaksi racun ini sekitar 2 minggu diawali dengan gejala gatal-gatal dan nanti berujung pada kematian. Kisah ini dialami oleh salah seorang kenalan di Palangkaraya, sebab ia dan keluarganya nyaris mati akibat serangan PULIH jenis ini.

Akibat ilmu PULIH ini banyak orang yang kekampung Dayak ketakutan untuk menerima makanan dari orang kampung, padahal memang tidak semua orang yang mengamalkan ilmu ini. Untuk itu jika folks bertandang ke kampung Dayak yang masih kuat akan tradisi dan magisnya ada baiknya mengetahui adab bertandangnya, umumnya orang yang diserang adalah orang-orang yang sombong atau memamerkan kekayaan / kesaktiannya.

Tabe

Jakarta 15/Maret/2014

Iklan