GIMAT & SEREMPELIT – AZIMAT DAYAK BENUAQ


GIMAT & SEREMPELIT – AZIMAT DAYAK BENUAQ

Dalam artikel lain kita sudah membahas PENYANG – Azimat Dayak Ngaju, kali ini kita akan membahas GIMAT & SEREMPELIT yaitu penyang yang dikenal oleh sub suku Dayak Benuaq – Tunjung. Sebenarnya antara penyang dengan gimat ini adalah hal yang sama, cuma ada beberapa perbedaan konsep. Jika didalam budaya Dayak Ngaju ada penyang atau azimat yang digantung di Mandau maka orang Dayak Benuaq – Tunjung tidak mengenal azimat yang digantung pada mandau. Azimat ini biasanya berupa kalung, gelang lengan atau juga yang diikatkan pada pinggang.

GIMAT

GIMAT

 

GIMAT

GIMAT

GIMAT atau JIMAT dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu; gimat yang dipakai saat peperangan dan juga gimat yang dipakai untuk menangkal kekuatan magis berupa santet atau guna-guna. Kedua gimat ini dibuat dalam bentuk yang hampir sama sesuai keinginan pemiliknya. Gimat rata-rata dibuat dari kain hitam. Gimat yang dipakai dalam peperangan harus dijahit oleh seorang janda menggunakan benang hitam. Didalam gimat biasanya diisi benda-benda yang dianggap bertuah misal tanduk pelanduk, kulit rusa putih. ular berkepala dua dll. Ada juga berupa batu-batuan atau buah-buahan yang aneh, akar kayu tertentu dsb. Gimat umumnya dijadikan kalung (bandul atau liontin) ada juga yang diikatkan pada lengan. Pantangannya pada saat buang air gimat ini harus ditanggalkan sementara kemudian ia tidak boleh dilangkahi terlebih lagi oleh perempuan. Namun untuk gimat penangkal dapat dipakai kapan saja tanpa ada pantangan. Sedangkan SEREMPELIT sama dengan Penyang Kahang yaitu azimat yang dililitkan pada pinggang. Umumnya isiĀ SEREMPELIT jauh lebih banyak dari pada Gimat. Serempelit hanya digunakan saat peperangan atau menghadapi musuh.

SEREMPELIT

SEREMPELIT

Untuk membuat GIMAT & SEREMPELIT tidak mudah sebab untuk memperoleh isiannya hanya dapat diperoleh dengan jalan BEKAJIIQ (dibeli). Pembelian disini berbeda dengan membeli barang ditoko dimana yang menjual mencari keuntungan, ada tata cara dan aturan yang akan ditetapkan oleh sang GURUUQ / Guru – yaitu orang yang tangguh atau disebut TEGAAP. Orang yang memiliki GIMAT & SEREMPELIT ketika berhadapan dengan musuh sedikitpun tidak akan merasa gentar dan takut.

Tabe,

Bekasi 15/April/2014

Iklan