CARA MENGATASI KETULANGAN


CARA MENGATASI KETULANGAN

Ketulangan

Ketulangan

Folks tentu yang suka makan ikan pasti pernah mengalami ketulangan atau dalam bahasa Dayak Ngajunya KALENEN, terutama jika folks mengkonsumsi ikan yang memiliki tulang-tulang halus tentu saja mengalami KALENEN atau ketulangan adalah hal yang sangat menjengkelkan, tiap tempat ada berbagai macam cara untuk mengatasi kalenen ini. Berikut saya akan membagikan cara-cara yang dikenal oleh orang Dayak.

1. Melalui bacaan – Waktu aku kecil, aku pernah diajarkan alm. nenek ku suatu bacaan yang dibacakan keair minum untuk mengatasi ketulangan, namun penulis sudah lupa apa mantra yang diucapkan. Salah satu bacaan yang dibagikan salah satu anggota Folks Of dayak adalah “ulang aling tulang bapaling dibujur akan” – caranya cukup sederhana yaitu dengan membacakan bacaan ini kepada minuman air putih dan setelah itu diminum airnya.

2. Piring Makan diputar – Menurut petua orang tua jaman dahulu untuk mengatasi kalenen ini bisa dilakukan dengan memutar-mutar piring makan kekanan sampai rasanya tulang tidak lagi lengket ditenggorokan.

3. Menelan nasi yang dikepal – Ada juga dengan cara menelan nasi hangat yg dikepal-kepalkan tanpa dikunyah.

4. Meminum air sambil mengencangkan kuping – Ini cara yang juga sering diajarkan oleh orang tua Dayak zaman dahulu untuk mengatasi ketulangan

5. Meminum air sambil menoleh kekanan – Konon juga dengan cara ini bisa mengatasi permasalahan ketulangan.

Demikian folks semoga bermanfaat,

Tabe

Bekasi 13/Mei/2014

Iklan