KAOS FOLKS OF DAYAK


KAOS FOLKS OF DAYAK

Hi Folks, kali ini admin Folks Of Dayak ingin mencoba menjual merchandise FOD berupa kaos dengan motive khas Kalimantan, dari penjualan ini 10%nya akan digunakan untuk melakukan menyokong kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pergerakan masyrakat Dayak. Harga kaos per piece adalah Rp. 90,000 (diluar ongkos kirim). Pemesanan bisa dilakukan secara online melalui link google docs berikut: Klick. Atau dapat menghubungi admin di PIN BB: 7F917957 atau & D1470B0 (0 = nol), atau bisa juga melalui WA: +62817131647 atau +6281912000046……  Stock terbatas..

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening BCA:

a/n

PATRIA KESUMAWARDHANI

3461754943

BANK BCA

Berikut beberapa design yang ditawarkan:

 

DESIGN FD-01 : Design Manyamei Rajan Patendu

MANYAMEI RAJAN PATENDU dalam kepercayaan Kaharingan adalah Dewa pengatur waktu bagi manusia, terutama saat bercocok tanam atau berladang. Misalnya posisi bintang kembar tiga yang disebut PATENDU kadang disebut bintang SALAMPATEI ketika bercocok tanam atau berladang supaya hasilnya baik. Dalam ilmu falaq Bintang PATENDU ini berada pada sabuk Orion dan memiliki nama astrologinya Alnilam, Alnitak dan Mintaka.

Design FD-01

Design FD-01

 

DESIGN FD-02: Aso motive

Aso bermakna anjing, motive ini dikenal pada kalangan Dayak Kenyah – Kayan sebagai motive tattoonya. Memang anjing didalam budaya Dayak bukan dianggap binatang yang suci tetapi orang Dayak utamanya Dayak Kenyah-Kayan tidak akan berani memukul atau menendang anjing. Bahkan ketika seekor anjing meninggal di dalam Lamin, maka bangkainya akan didorong keluar menggunakan kayu untuk dihanyutkan di sungai dan tempat dimana anjing itu meninggal akan diberi paggar untuk beberapa hari untuk mencegah anak-anak melewatinya. Dibeberapa kebudayaan Dayak anjing memang dianggap sahabat setia manusia karena menjaga majikan dan menjadi teman ketika berburu, bahkan akan dilakukan upacara khusus untuk memakamkan anjingnya.

Design FD-02

Design FD-02

 

DESIGN FD-03: Arit Pawad

Motive Arit Pawad adalah motive sakral Dayak Lun Dayeh. Awalnya motive ini dibuat oleh seorang Kesatrian Dayak Lun Dayeh bernama Upai Semaring. Motive ini sering dibuat pada gagang felepet (senjata khas Lun Dayeh).

Design FD-03

Design FD-03

 

DESIGN FD-04: Motive Khas Kalimantan Tengah

Design FD-04

Design FD-04

 

DESIGN FD-05 : Batang Garing

Batang Garing adalah pohon kehidupan. Dalam mite DAS Kahayan Batang Garing digunakan oleh Ranying Hatalla untuk menciptakan alam semesta. Pohon ini kemudian hancur proak-poranda oleh pertempuran dua burung enggang jantan dan betina. Mite ini menggambarkan adanya suatu kekacauan kosmik sebelum terbentuknya alam semesta atau dikenal dengan “big bang”.

Design FD-05

Design FD-05

 

 

 

Tabe

Jakarta 10/November/ 2014

Iklan