KETUPAT KANDANGAN


KETUPAT KANDANGAN

Oleh: Willy Kalawa

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

Biasanya kalau saya pulang ke Tamiang Layang, kampung halaman saya, dari Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, saya melewati sebuah kota yang diberi nama Kandangan (Entah kenapa namanya demikian ).

Wajib hukumnya kalau lewat Kandangan untuk singgah di sebuah warung makan yang dari dulu terkenal sekali dengan masakannya yaitu Ketupat Kandangan.

Ketupat Kandangan beda dengan ketupat-ketupat yang biasa kita santap saat menikmati sate atau soto. Pada Ketupat Kandangan, ketupat nasinya tidak lembek, saat dilahap bersama kuah santan yang kental dan gurih, butiran-butiran nasinya pecah dan menyatu dengan kuah santan ketupat, nikmat sekali saat disantap.

Ketupat Kandangan biasanya ditemani ikan masak merah, ikan yang dimasak dengan bumbu cabe keriting kering yang digiling dan dicampur aneka rempah khas Kalimantan Selatan. Ikan yang dipakai biasanya ikan Baung atau Haruan. Ikannya tidak digoreng tetapi diasap. Aroma ikan asap inilah yang membuat Ketupat Kandangan semakin istimewa dan semakin sedap.

Pokoknya kalau saya pulang, saya pasti makan Ketupat Kandangan lagi…

Tabe

Jakarta 10/Jan/2015

Iklan