KASUS PEMUKULAN PELAJAR DI SAMARINDA OLEH APARAT BRIMOB


KASUS PEMUKULAN PELAJAR DI SAMARINDA OLEH APARAT BRIMOB

Nara sumber: evan lauda, Iwan Santoso Lolang, David Hornbill

Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’Jubata

Kami dari Komunitas Folks Of Dayak dan Aliansi Pemuda Dayak mau share sedikit cerita yg menimpa anak, adek, saudara kami yang bernama Paulus, Putra asli Dayak Benuaq dari Kutai Barat Kalimantan Timur

Singkat cerita..
Paulus adalah salah satu siswa yg menuntut ilmu di bidang khusus dlm hal ini Olahraga cabang Karate di sekolah yang di dirikan dibawah pengawasan DISPORA/ DISDIK PROV KALTIM. Nama sekolah tersebut SKOI (ekolah Kejuruan Olahraga International) dan para siswa di inapkan di asrama khusus d wilayah stadion utama Sempaja samarinda.

Pada hari sabtu malam jam menjelang tengah malam sekitar tanggal 21-Maret-2015, teman-teman paulus yang saya lupa namanya sekitar 2-3 orang dari cabang gulat keluar dari Asrama untuk membeli sesuatu mengendarai motor. Pada saat mereka keluar dari area komplek stadion Sempaja persis di  jalan umum/raya kendaraan mereka secara tidak sengaja hampir bersenggolan/memotong sepeda motor “oknum brimob” sekitar 3 orang. Meskipun tidak sampai terjdinya kecelakaan, sang “oknum” teriak-teriak dan membentak kawan-kawan paulus ini. Ujung-ujungnya sampai diberhentikannya mereka di pinggir jalan yang tak jauh dari tkp, kemudian terjadi adu mulut sampai berujung pemukulan kepada kawan-kawan Paulus, salah satu kawan Paulus tersungkur di dalam sebuah parit, saat itu juga kawan Paulus ini bangkit dan membalas pukulan mengakibatkan satu orang “oknum” patah hidung. Pada saat perkelahian satu dari kawan “oknum” melarikan diri, setelah adu jotos mereka mungkin didamaikan oleh warga yang kebetulan lewat dan akhirnya damai dan sudah berjabat tangan.

“Oknum” ini adalah Anggota Brimob Polda kaltim yang bertugas d samarinda.

Pada pukul 02.00 dinihari skitar 50 orang rekan-rekan dari oknum yang tak lain semuanya anggota Brimob menyerang secara membabi buta ke asrama siswa-siswa ini. Membawa senjata laras pjang, pistol, besi, kayu balok, samurai, sangkur, seluruh siswa yang semuanya masih berusia 13-16 tahun berhamburan tunggang langgang.Mulai dari kekerasan fisik, tendangan, pukulan yang menggunakan tangan kosong serta alat-alat yang mereka bawa, Mereka juga sempat mengancam 1 siswi wanita menggunakan samurai yang dikalungkan dileher menanyakan nama siswa yang mereka cari.

Pada saat serangan terjadi adik kita Paulus sedang tidur didalam kamarnya bersama 4 rekannya, pada saat pintu kamar Paulus didobrak, Paulus bersma rekan-rekannya terpojok. Naas untuk Paulus, sebab rekan-rekannya berhasil kabur dari penganiayaan itu, tinggal Paulus sendiri dikamar. Dia menjadi bulan-bulanan anggota Brimob itu, mengakibatkan 21 jahitan dibelakang kepala karrna di pukul menggunakan helm dan benda tumpul lainnya dan hampir kehabisan darah, wajahnya lebam, tubuh biru-biru dipukul benda tumpul padahal Paulus sudah meminta ampun.

Paulus sebnrnya tidak ada hubnya dengan kasus perkelahian yang dilakukan teman-temanya, Paulus adalah korban salah sasaran yang dilakukan oleh aparat hukum yang seharusnya menjadi pengayom dan pelindung msyarakat, apalagi ini adalah anak-anak dibawah umur..

Saat ini paulus masih dirawat secara intensif d RSU.A.W.Syahrani samarinda, tadi siang pak Eval Lauda menyempatkan menengok keadaannya, kondisinya saat ini masih shock, masih terdapat luka lebam diwajah, mata namun kondisinya berangsur membaik.

Kali ini kami mengharapkan peran aktif lembaga adat Dayak untuk melakukan TUNTUTAN secara adat kepada institusi dan pelaku kemudian ini harus melibatkan Komisi Perlindungan Anak sebab ini penganiayaan terhadap anak-anak dibawah umur, kami lampirkan juga foto-foto Paulus yang dianiaya. Sebagau langkah awal – komunitas FOD dan Aliansi Pemuda Dayak sudah melayangkan surat pengaduan kepada bagian pengaduan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) supaya segera ditindaklanjuti – jika tidak segera kita akan membuat sebuah petisi. Selamatkan generasi muda kita – selamatkan generasi muda Dayak dari kekerasan.. Kiwwww!!!

Luka di kepala Paulus

Luka di kepala Paulus

Baju Paulus yang bersimbah darah

Baju Paulus yang bersimbah darah

Kondisi Paulus - wajahnya penuh lebam

Kondisi Paulus – wajahnya penuh lebam

Kondisi Paulus

Kondisi Paulus

Kondisi Paulus wajahnya penuh lebam

Kondisi Paulus wajahnya penuh lebam

Berita terkait: http://m.jpnn.com/news.php?id=293717

http://news.liputan6.com/read/2195203/pasca-penyerangan-siswa-asrama-atlet-di-samarinda-trauma

 

Tabe

25 / Maret/ 2015

 

Iklan