LUWUK – SENJATA DAYAK MAANYAN


LUWUK – SENJATA DAYAK MAANYAN

Seperti di artikel-artikel sebelumnya mengenai senjata khas Dayak, sebenarnya masih banyak lagi jenis dan tipe senjata khas Dayak yang belum disebutkan. Salah satu senjata khas Dayak Maanyan yang disebut LUWUK – Luwuk ini semacam golok atau sejenis Parang Bungkul yang digunakan didalam setiap upacara WADIAN MATEY – yiatu ritual kematian Dayak Maanyan, sehingga luwuk ini senjata yang bersifat sakral atau pusaka. Untuk senjata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berladang dsb, disebut UGUP.

Fungsi Luwuk adalah :

  1. Digunakan untuk melaksanakan ritual oleh wadian matei dalam mengantar orang mati yaitu saat kematian maupum Mia Masaya
  2. Dibawa oleh orang yang membawa kepala manusia saat Ritual Siwah maupun Bluntang.
  3. Digunakan wadian matei untuk memotong ekor kerbau saat mau ditombak yang diikat pada sebuah patung yang disebut Bluntang oleh Dayak Maanyan atau sapundu oleh Dayak Ngaju.

Berikut ini adalah dokumentasi LUWUK yang sudah turun temurun dimiliki seorang pengulu adat Dayak Maanyan. Masih terlihat urat urat besi pada parangnya dan senjata ini sering digunakan dalam acara adat.

wpid-dsc_0732.jpg

LUWUK

wpid-dsc_0736.jpg

Perbandingan UGUP dan LUWUK

wpid-dsc_0735.jpg

Urat besi yang masih terlihat jelas di LUWUK

wpid-dsc_0734.jpg

Urat-Urat Besi

wpid-dsc_0737.jpg

Luwuk

Tabe

Riau 1/April/2015

 

Iklan