Ikut Lestarikan Budaya Dayak – APD Jajakan Makanan Ringan untuk Mengikuti FBIM


PERKUMPULAN Aliansi Pemuda Dayak (APD) Kalimantan Tengah, berkumpul di  Taman Kota Jalan Yos Sudarso dan Area Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu (10/5) pukul 16:00 WIB.

Menariknya, mereka menggunakan pakaian lengkap khas adat dayak. Mengenakan baju dari kulit kayu, topi dari bulu burung tingang yang lengkap dengan atributnya.

“Ini sebagai salah satu upaya kami tetap melestarikan budaya dayak. Sebenarnya kami juga menjajakan makanan ringan hasil kreativitas anggota, untuk dana mengikuti Festival Budaya Isen Mulang nantinya,” aku  Tece, salah seorang anggota APD saat dibincangi Kalteng Pos.

Perempuan yang sangat mencintai adat istiadat dayak ini mengatakan, dengan cara tersebut, masyarakat yang lalu lalang, serta beberapa anak muda yang melakukan aktivitas olahraga, bisa melihat langsung aktivitas tersebut, sekaligus ikut melestarikan dan bangga dengan sejarah dan kesenian daerah sendiri.

“Sebagai pemuda dayak ini adalah tugas kita juga untuk menjaga adat dan istiadat kita, Kalimantan tengah merupakan provinsi yang memiliki kebudayaan yang cukup beragam, para pelajar nya pun harus turut melestarikan kebudayaan kalimantan tengah agar kebudayaan tersebut tidak punah ,” ujar Tece.

Aktivitas tersebut tak pelak mengundang penasaran beberapa orang yang lewat, bahkan ada yang mengajak foto bersama dan mencoba baju khas dayak beserta atribut lengkap. Salah seorang perempuan bernama Olive (20), mahasiswi asal Banjarmasin  tertarik untuk foto bersama dengan salah satu pemuda yang memakai pakaian adat.

“Ternyata pemuda di sini kreatif melestarikan budayanya, memperkenalkan seni budaya sendiri,” kata gadis cantik ini kepada Kalteng Pos.

Pantauan Kalteng Pos, untuk foto bersama dan memakai baju adat dikenakan tarif seikhlasnya oleh para pemuda tersebut. Selain itu Aliansi Pemuda Dayak juga mengajak beberapa warga ikut bermain permainan khas Kalteng yang mereka sebut Pakat Kabangang, dimana permainan tersebut terdiri dari Sepak Takraw dan Balogo.

wpid-img-20150509-wa0007.jpg

Team APD menggunakan pakaian adat Dayak

wpid-img-20150509-wa0008.jpg

Warga yang mengunjungi booth APD dan menyewa baju Dayak untuk berfoto selfie

Sumber: Kalteng Pos

Iklan