PANGANTUHU – KERAMAT MANGKATIP KALIMANTAN TENGAH


PANGANTUHU – KERAMAT MANGKATIP KALIMANTAN TENGAH

Kiriman : Abdi Novari

PANGANTAHU

PANGANTAHU

Didaerah MANGKATIP sebuah kelurahan yang merupakan ibukota dari Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah terdapat sebuah keramat yang disebut PANGANTUHU.

Menurut cerita orang dulu pangantuhu ini adalah sisa bagian perahu (sampung jukung) orang dulu. Yang menjadikannya keramat adalah suatu ketika sekelompok orang yang bekerja disungai kecil orang mendengar suara tangisan, setelah dicari darimana suara tangisan itu berasal ternyata dari bagian sisa perahu ini, kemudian dibawalah sisa bagian perahu ini ke kampung mengkatip dan dibuat rumah/tempatnya.

Para leluhur agama kaharingan dulu sering melakukan acara ritual BADEWA mengelilingi pangantuhu ini. Setelah beberapa lama dipindahkan, orang melihat air mengalir dari pangantuhu tersebut jadi diletakanlah wadah untuk menampung air tersebut. Lama kelamaan air tersebut berubah (basaluh) menjadi batu.

Air yang menjadi batu

Air yang menjadi batu

Konon pernah ada kejadian ada orang gila yang mematahkan bagian dari kayu pangantuhu tersebut, tidak sampai beberapa bulan orang gila itu meninggal tanpa sebab yang jelas.

pangantahu6 pangantahu5 pangantahu4 pangantahu3

Tabe

17/feb/2016 – Pangkah

Iklan