LIMA LEGENDA DAYAK DARAT – PART-1 (ASAL USUL DAYAK EMPEROH)


LIMA LEGENDA DAYAK DARAT – PART-1 (ASAL USUL DAYAK EMPEROH)

wp-1495530561315.

Rumpun Dayak Darat di Kalimantan Barat 1938 – (Proses pengobatan mata)

Dayak Darat adalah rumpun besar Dayak yang ada baik di Kalimantan Barat dan di daerah Sarawak. Jika di Kalimantan Barat dikenal dengan sebutan orang-orang Dayak yang berbahasa Ahe, Bakati, Jangkang, Rimbun, Banyadu dll dan di Sarawak masuk dalam rumpun Bidayuh dan Salako.

Dan setiap rumpun Dayak Darat ini memiliki berbagai variasi kisah dan legenda, kali ini kita akan share salah satu kisah legenda yang berasal dari kampung EMPEROH GERONG di daerah Sarawak.

Tokoh utama dalam kisah legenda kampung Emperoh Gerong ini adalah Manggeng. Ada lima kisah legenda yang menceritakan asal usul Dayak Darat ini:

  1. Asal usul Dayak Emperoh
  2. Manggeng merantau ke Pulau Jawa dan menjadi Raja
  3. Anak manggeng dan Tunya mencari Manggeng ke Pulau Jawa
  4. Busu dan isteri babinya, leluhur Tunya
  5. Mapu dan Nenek Tunya.

ASAL USUL DAYAK EMPEROH

Menurut legenda kampung Emperoh Gerong, pada jaman dahulu kala hiduplah adik beradik di Pegunungan Sukong di Kalimantan Timur – kemungkinan ini adalah gunung Sungkunkg saat ini di Kalimantan Barat. Kaka yang tertua bernama PRANGSESAP dan adik perempuannya bernama M’BOKROBO.

Suatu hari adik kakak ini berpisah untuk mencari makanan. Prangsesap pergi ke arah Landak (Kalimantan Barat saat ini), sedangkan adiknya pergi ke arah sungai Sarawak dan menetap di Labak Mengkebu – yang saat ini sudah menjadi hutan dekat kampung Emperoh Gerong.

Setelah sekian waktu lamanya di Labak Mengkebu. M’bokrobo memiliki 6 orang anak – dimana kemudian ke-6 anak saling merantau untuk membina rumah panjang masing-masing.

  1. SENGUM SEBERI – anaknya yang tertua yang merantau ke Emperoh Gerong (Dialah leluhur Dayak Emperoh yang kemudian menjadi beberapa group seperti Nyiroh, Git, Riam, Emperoh-kru, dan Emperoh-Ponggu)
  2. MA’ANG BARI – Anak keduanya yang merantau ke  Bengoh dan membina perkampungan disana
  3. SABU PEGUNJA – Anak ketiganya yang merantau dan membina kampung di Segu
  4. SERUN DOMAMAN – Anak keempatnya yang merantau ke Bombok dan membina perkampungan di Pere
  5. JAYA-JANUM – Anak kelimanya yang merantau ke Peninja (kelompok Sembembir)
  6. SENJU BERUNG – Anak keenamnya yang merantau ke Berang.

Sehingga semua Dayak Darat yang ada di bagian Sarawak Kiri akan mengakui bahwa mereka berasal dari keturunan M’bokrobo yang datang dari arah Pegunungan Sukong.

Bersambung ke part-2

Iklan