ALAT DAPUR SUKU DAYAK NGAJU


ALAT DAPUR SUKU DAYAK NGAJU

Tempat Memasak Suku Dayak Ngaju

Tempat Memasak Suku Dayak Ngaju

Folks mari kita melihat kondisi dapur orang Dayak terutama Dayak Ngaju yang memang kebetulan ini yang penulis ketahui. Umumnya dapur rumah-rumah Dayak Ngaju berada dibelakang dan tepat dibelakang dapur itu akan ada suatu tempat mencuci, menjemur pakaian, tempat mandi, tempat membersihkan lauk atau memotong hewan yang besar disebut KARAYAN. Karayan ini juga berfungsi jika rumah tersebut hendak melakukan hajatan besar maka dapur besarnya akan ada Karayan ini.

DAMPUHAN

DAMPUHAN

Sebelum mengenal kompor, orang Dayak Ngaju mengenal tempat memasak / perapian dengan bahan bakar kayu yang disebut dengan DAMPUHAN atau PANGGITANG, dibagian atas DAMPUHAN ini disusunlah kayu-kayu bakar, tempat menyusun kayu bakar ini disebut PAHE. Untuk memegang penggorengan/wajan yang panas jaman dahulu orang Dayak menggunakan bambu yang dibuat menjadi semacam jepitan atau disebut KAPIT. Untuk meniup bara supaya digunakan buluh kecil yang dipotong runcing dan disebut PASIUNG.

PASIUNG

PASIUNG

Pada zaman dahulu diatas dampuhan ini bisa dagantungkan bahan makanan yang akan diawetkan kadang juga kepala manusia yang merupakan hasil PENGAYAUAN.

Tabe.

Bekasi 13/April/2014

Iklan